-->

pilih manah blogger atau wordpress

- 10:18 AM
berikut beberapa ulasan mengenai 3 Platform Khusus Untuk Blogging

1. WordPress.org (self-hosted)
WordPress.org adalah sebuah software blogging atau Content Management System atau biasa disingkat CMS, dan merupakan platform blogging yang paling populer di dunia. Diperkirakan, WordPress saat ini menguasai lebih dari 25 persen dari total keseluruhan web yang dibuat manusia, artinya, 1 dari 4 situs web dibangun dengan WordPress.

Perlu diperhatikan bahwa WordPress.org hanya bekerja sebagai content management system atau sistem pengelolaan konten. Software yang Anda dapatkan dari WordPress.org adalah paket yang dapat di-download, yang kemudian harus Anda unggah / pasang di server web yang sudah Anda kelola. WordPress.org tidak menyediakan hosting dan domain sehingga Anda harus membeli keduanya secara terpisah.

Self-hosted WordPress tentu bukan hal yang tidak perlu dipelajari. Instalasi dan kemudian mengonfigurasinya dengan benar akan memakan waktu 20 menit sampai satu jam jika Anda belum pernah melakukan ini sebelumnya. Namun, setelah itu, menggunakan platform blogging ini setiap hari untuk mempublikasikan posting anda sangat mudah. Plus, Anda bisa menemukan panduan online yang membuat semuanya menjadi lebih mudah.

Jangan takut jika Anda merasa ragu dengan desain yang tersedia. WordPress.org menyediakan sangat banyak tema yang bisa Anda pilih untuk website Anda di direktori resmi miliknya. Selain itu ada banyak toko desain tema yang menawarkan berbagai macam desain custom.

WordPress.org juga menawarkan sangat banyak plugins dan ekstensi. Ada lebih dari 42,000 plugin gratis di direktori resmi WordPress.org dan Anda bisa menemukan lebih banyak lagi di internet.

Lalu siapakah yang cocok menggunakan WordPress.org?

Blogger yang ingin menghasilkan uang dari blog mereka.
Blogger yang ingin menjadikan blog sebagai bagian dari bisnis mereka.
Blogger profesional
Blogger yang ingin memiliki kontrol atas segala aspek blog mereka
Karena kemungkinan customization WordPress yang tinggi, ini adalah pilihan tepat jika Anda ingin membangun blog profesional yang akan memainkan peran penting dalam bisnis Anda. Dengan self-hosted WordPress, Anda memegang kendali penuh atas situs Anda serta tampilan dan kinerjanya.

Pro/Kontra WordPress.org
Platform yang paling populer di web.
Banyaknya desain yang tersedia.
Banyaknya plugin yang tersedia.
Komunitas besar – Anda akan selalu menemukan seseorang untuk membantu Anda jika Anda menghadapi masalah dengan blog Anda.
Tidak ada hosting yang disertakan
Sedikit kurva belajar jika Anda baru saja memulai.
Menyiapkan situs Anda agar sesuai dengan kebutuhan Anda dengan sempurna dapat memakan waktu beberapa jam.


2. WordPress.com (Cloud SaaS)
WordPress.com adalah sebuah blogging platform dibangun dengan software WordPress.

WordPress.com adalah versi dari WordPress yang menyertakan hosting. Ini berarti bahwa alih-alih harus mendownload sebuah software dan menginstalnya sendiri, yang perlu Anda lakukan hanyalah mendaftar ke akun di WordPress.com, dan Anda bisa memulai blogging dalam hitungan menit.

WordPress.com memiliki tiga plan:

$0 – Free plan – cocok untuk blogger pemula
$99 – cocok untuk blogger professional
$299 – cocok untuk e-commerce
Jika Anda membuat blog Anda dengan menggunakan WordPress.com, And akan mendapat hosting secara otomatis tanpa biaya tambahan. Mengenai domain, Anda akan mendapatkan subdomain. Alamat blog Anda akan terlihat seperti example.wordpress.com. Jika Anda ingin memiliki nama domain sendiri, WordPress.com menawarkan pilihan tersebut dengan biaya tambahan.

WordPress.com jauh lebih mudah digunakan daripada versi WordPress.org, karena Anda mendapatkan banyak hal-hal yang mungkin sulit sudah diurus (hosting, setup situs, konfigurasi dasar). Anda masih perlu melalui wizard, tapi relatif sederhana. Plus, ada panduan resmi untuk mulai menggunakannya. Setelah tahap penyiapan, menggunakan platform blogging ini setiap hari untuk mempublikasikan postingan Anda menjadi lebih mudah.

WordPress.com menyediakan ratusan tema yang dapat dipilih, dan jika Anda memilih salah satu dari rencana premium, Anda juga dapat menyesuaikan desain yang Anda gunakan. Secara keseluruhan, WordPress.com membuat hal-hal sederhana dan tidak memberikan banyak pilihan desain seperti WordPress.org.

Plugin dan ekstensi Fitur populer seperti berbagi, statistik, komentar, dan polls disertakan, namun tidak ada pilihan untuk memasang plugin pihak ketiga.

Lalu, siapakah yang cocok menggunakan WordPress.com?

Hobby blogger.
Siapa pun yang ingin memulai blog tanpa investasi sama sekali.
Blogger profesional
Secara keseluruhan, WordPress.com adalah versi sederhana dari WordPress.org. WordPress.com memberikan semua fitur yang paling penting, tapi juga menyisihkan sebagian besar dari mereka. Jika Anda hanya peduli tentang blogging dan tidak ingin bereksperimen dengan fitur kustom situs Anda maka WordPress.com akan cukup untuk Anda.

Pro/Kontra WordPress.com
Persiapan dalam beberapa menit.
Hosting dan subdomain disertakan.
Anda bisa menggunakannya secara gratis.
Tidak ada kemungkinan untuk menginstal tema kustom.
Tidak ada plugin
WordPress.com dapat menarik steker di blog Anda setiap saat jika mereka menemukan tindakan Anda tidak selaras dengan peraturan mereka.


3. Blogger dan Blogspot
Blogger adalah salah satu platform blogging tertua di luar sana. Saat ini, ini dijalankan oleh Google, jadi yang perlu Anda masuki adalah akun Google standar Anda. Demikian pula untuk WordPress.com, Blogger menangani semua pengangkatan berat teknis, yang memungkinkan Anda hanya fokus untuk menciptakan konten.

Masih banyak orang yang sering merasa bingung dan mengalami kesulitan mengerti perbedaan antara Blogger dan Blogspot. Kemungkinan besar jika Anda mengetik blogspot di Google maka Blogger akan keluar di hasil pencarian. Jika Anda mencoba mengakses www.blogger.com atau www.blogspot.com , Anda akan langsung terhubung ke blogger.com. Mungkin karena inilah Anda bertanya-tanya apa sebenarnya perbedaan antara Blogger dan Blogspot?

Blogger. Blogger adalah sebuah platform blogging gratis dari Google. Blogger menyediakan tools dan dukungan yang komprehensif untuk mempublikasikan artikel dan halaman web di sebuah domain atau website. Oleh karena itu, pengguna tidak perlu bingung tentang penyimpanan konten – dimana mungkin kebanyakan orang menggunakan File Transfer Protocol (FTP). Anda juga tidak perlu khawatir dengan membuat desain layout website, tema website, serta hal-hal lain yang bersifat teknis.

Selain itu Blogger tidak harus digunakan dengan Blogspot. Anda bisa membeli domain dari tempat lain dan kemudian menggunakan Blogger sebagai hosting Anda. Blogger memiliki konsep yang sama dengan WordPress.org.

Blogspot. Blogspot adalah penyedia layanan domain gratis milik Google. Alamat web yang akan membuka halaman web Anda yang dihosting di server manapun. Dalam hal ini, Anda dapat mengatakan bahwa halaman web Anda dibuat oleh layanan publikasi blogger dan dihosting di blogger.com dan alamat yang memungkinkan Anda membuka halaman tersebut disediakan oleh blogspot.com.

Domain gratis yang disediakan ini sebenarnya adalah sebuah sub-domain (example.blogspot.id). Layanan ini disediakan untuk mendukung layanan publikasi Blogger. Jadi jika akan mencoba membuka www.blogspot.com anda akan diarahkan ke blogger.com karena Google mengerti bahwa anda ingin membuat blog jadi sebaiknya anda menggunakan layanan publikasi (www.blogger.com). Tapi jika Anda menggunakan subdomain.blogspot.com maka akan menampilkan konten situs host Anda.

Ini bisa dibilang sebagai taktik pemasaran dari Google sehingga orang bisa menggunakan layanan domain dari blogspot dan layanan hosting blogger.com.

Maka jika Anda telah memilih blogspot sebagai penyedia domain maka situs tersebut harus di-host di blogger.com saja dan tidak bisa di-host di tempat lain.
Jadi bisa disimpulkan bahwa:

Blogger adalah platform publikasi gratis dari Google, yang bersifat seperti WordPress.org
Blogspot adalah penyedia layanan domain gratis dari Google, yang bersifat seperti WordPress.com.
Blogspot hanya bisa digunakan dengan Blogger.
Blogger tidak tergantung pada Blogspot.
Platform blogging yang satu ini memang mudah digunakan, meski agak ketinggalan jaman dibandingkan beberapa solusi modern seperti WordPress.com atau Medium. Menyiapkan blog anda masih sangat mudah dan cepat. Tidak ada keterampilan khusus yang dibutuhkan untuk memulai blogging di bawah Blogger.

Bagaimana dengan desain blog? Mereka hanya menyediakan editor layout standar (content / sidebar). Selain itu, tidak banyak yang bisa Anda lakukan dalam hal desain blog Anda. Blogger juga tidak memiliki banyak plugin yang tersedia.

Lalu, siapakah yang cocok menggunakan Blogger? Hobby blogger dan blogger pribadi.

Mungkin 10 tahun yang lalu Blogger merupakan blogging platform yang paling terkenal, tapi sekarang ini Blogger sering dianggap kalah dengan platform blogging yang lainnya. Untuk saat ini, Blogger memang paling cocok digunakan untuk keperluan blogging saja.

Pro/Kontro Blogger dan Blogspot
Anda bisa mendapatkan blog yang dimulai dalam waktu kurang dari satu menit.
Interface yang sederhana untuk pembuatan konten
Hosting dan subdomain disertakan.
Kustomisasi yang terbatas


EmoticonEmoticon

 

Start typing and press Enter to search